Rabu, 29 Januari 2014

Psikologi Klinis dalam Internet - Psikoterapi

Psikologi klinis merupakan salah satu bidang psikologi terapan selain Psikologi Pendidikan, Psikologi Industri, dan lain-lain. Psikologi Klinis menggunakan konsep-konsep Psikologi Abnormal, Psikologi Perkembangan, Psikopatologi dan Psikologi Kepribadian, serta prinsip-prinsip dalam assesment dan intervensi, untuk dapat memahami masalah-masalah psikologis, gangguan penyesuaian diri dan tingkah laku abnormal. Tugas utama psikologi klinis adalah menggunakan tes yang merupakan bagian integral suatu pemeriksaan klinis yang biasanya dilakukan di rumah sakit.

Sekarang para psikolog sudah menerapkan tes E-Terapi melalui internet seperti video call dan tinggal berjanjian saja dengan seperti ini tidak mempermasalahkan jarak antar mereka yang ingin di wawancarai dan mereka lebih private. Walaupun sistem tes seperti ini jarang di gunakan oleh psikolog.

Biasanya mereka menggunakan media chatting yang di khususkan untuk video call contohnya :
Skype
media ini lagi sangat di gandrungi karena cara penggunaanya sangat gampang dan resolusi videonya pun  jernih , dengan menggunakan smartphone pun bisa jika ada kamera depannya

Dampak positif menggunakan psikoterapis ini adalah
Dengan adanya psikoterapis online maka kita bisa mendapatkan berbagai macam manfaat sangat baik bagi orang-orang yang ingin belajar psikoterapi. Dalam artian kita bisa menambah wawasan ilmu psikologi, karena di berbagai macam situs psikoterapis online banyak membahas tentang psikoterapis, bagaimana proses psikoterapi, dan lain-lain dan lebih enaknya lagi dapat mengikuti tes secara gratis, hasilnya dengan cepat dapat diketahui, dapat melakukan tes berkali-kali, dan dapat dilakukan kapan saja.

Dampak negatif menggunakan psikoterapis ini adalah
Hasil yang didapatkan kurang akurat karena kita tidak dapat berkonsultasi kepada psikolog secara langsung, alat tes psikologi bisa saja jadi tak rahasia lagi, dan lain sebagainya. Dan bisa melihat langsung respon si klien tersebut.

Referensi ;
http://cindyynatalia.blogspot.com/2013/01/psikologi-klinis-dalam-internet_7577.html


Sekian dari saya semoga bisa menambah wawasan Anda dan kalau berkenan bisa juga melihat ulasan dari teman saya juga yaitu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar